Podomoro University Selenggarakan Kegiatan Kompetisi Simulasi Bisnis Berbasis Cloud (MonsoonSim ERP System) Tingkat Jabodetabek

Program Studi Akuntansi Podomoro University kembali menyelenggarakan Kompetisi Simulasi MonsoonSIM ERP System untuk yang kedua kalinya. Kompetisi yang pertama diadakan tahun lalu yakni Januari 2017. Melanjutkan keberhasilan penyelenggaraan yang pertama, kompetisi kedua di tahun ini mendapat sambutan hangat dari SMA-SMA. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah peserta dan besarnya hadiah yang diperebutkan. Peserta Kompetisi Simulasi MonsoonSIM ERP System yang diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2018 kemarin di Kampus Podomoro University berjumlah 24 tim yang datang dari 11 SMA Jabodetabek. Satu tim terdiri dari 5 orang siswa/i SMA sehingga total peserta adalah  120 orang siswa/i SMA.

MonsoonSIM ERP (Enterprise Resource Planing System)  merupakan sistem yang terintegrasi antara siklus bisnis dengan pencatatan akuntansi sebagai dasar bagi mahasiswa untuk mempelajari sistem SAP (Systems, Applications & Products implementation) yaitu sebuah software untuk mengelola operasi bisnis dan biasanya mengacu pada rangkaian aplikasi modular yang mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai aspek bisnis. Dengan demikian menggunakan SAP menjadi lebih mudah, tidak terlalu rumit dan menyenangkan bagi mahasiswa.

Akuntansi Podomoro University


Melalui kompetisi simulasi MonsoonSIM ERP System diharapkan dapat mengukur kemampuan para mahasiswa dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan pola yang benar dan tepat guna untuk menghasilkan nilai tambah bagi sebuah bisnis. Selain itu, diharapkan pula siswa/i yang mengikuti kompetisi ini dapat melihat dan mendapatkan sedikit real experiences bahwa belajar Akuntansi tidak sesusah dan membosankan seperti yang dibayangkan selama ini di benak mereka.

Akuntansi Podomoro University


Setelah melalui kompetisi yang cukup seru dan menegangkan maka diperolehlah Pemenang dalam kompetisi MonsoonSIM 2018, yaitu:

Akuntansi Podomoro University

1. Juara I datang dari tim SMA Kristen Yusuf
Juara I lomba simulasi MonsoonSIM ERP System berhak mendapatkan Beasiswa 100% serta uang tunai sejumlah Rp 7.500.000,-.

2. Juara II datang dari tim SMA Kemurnian 2
Juara II lomba simulasi MonsoonSIM ERP System berhak mendapatkan Beasiswa 90% dan uang tunai sejumlah Rp 5.000.000,-.

3. Juara III datang dari tim SMA Dharma Suci

Juara III lomba simulasi MonsoonSIM ERP System berhak dalam perlombaan simulasi MonsoonSIM ERP System mendapatkan Beasiswa 80% dan uang tunai sejumlah Rp 2.500.000,-.

Selama ini, Program Studi Akuntansi Podomoro University sudah menggunakan MonsoonSIM ERP System sebagai bahan ajar yang dapat dikerjakan mahasiswa dengan model gaming, sehingga mahasiswa/i Podomoro University selalu terlihat antusias dalam mempelajari Akuntansi.

 

02 February 2018