Berita
Podomoro University Menyelenggarakan Seminar Nasional Pengembangan dan Pembangunan Kota Berkelanjutan

Tujuan pembangunan yang dirintis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak awal 2016, yakni 17 Sustainable Development Goals dengan salah satu fokusnya Sustainable Cities and Communities untuk mentransformasi dunia dalam menghadapi permasalahan dan tantangan sebagai dampak dari pertumbuhan dan perkembangan kota, maka diperlukan upaya pelaksanaan pembangunan yang mampu mewadahi keragaman kebutuhan dan aktifitas perkotaan yang mengutamakan kualitas kota dan penduduknya. Salah satunya dengan melalui sebuah seminar nasional yang bertemakan kota berkelanjutan dengan fokus pembahasan The Rise of Sustainable Cities yang diselenggarakan oleh Podomoro University, diadakan pada hari Senin, 21 Agustus 2017 di Podomoro University Jakarta.

 

Kota merupakan pusat pemerintahan, pusat perekonomian di mana adanya perkembangan sosial-budaya dan politik, kota juga merupakan pusat perkembangan teknologi, kreativitas serta komunikasi yang mendorong terciptanya beragam aktifitas bagi kota tersebut. Hal ini memicu terjadinya lonjakan angka penduduk di wilayah perkotaan, terutama dimetropolitan area Pertumbuhan jumlah penduduk perkotaan cukup pesat baik efek dari pertumbuhan penduduk aslinya maupun melalui peningkatan angka urbaniasi yang terjadi.

 

Seminar The Rise of Sustainable Cities menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan umum mengenai permasalahan dan upaya penanganan permasalahan lingkungan perkotaan akibat urbanisasi, serta mengingat kembali jejak kota berkelanjutan dalam menghadapi tantangan permasalah lingkungan perkotaan, mengupayakan penanganan isu kerusakan lingkungan perkotaan khususnya di metropolitan area, dan juga memahami peran para stakeholder dalam pelaksanaan pembangunan kota yang berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan kota yang berkelanjutan, dapat merumuskan strategi penerapan sistem kota berkelanjutan, dan membuka peluang penelitian serta pengabdian masyarakat melalui topik pembangunan berkelanjutan.



Dimulainya sesi pertama seminar, kita dapat mengutip pidato pembukaan oleh Dr. Cosmas Batubara selaku rektor dari Podomoro University yang juga Direktur Utama PT Agung Podomoro Land, yang menjelaskan “Menganut paham Dr. Sam Ratulangi; di mana manusia berkumpul di situ ada kehidupan. Ternyata banyak pertumbuhan kota lebih cepat dari perencanaan itu sebabnya banyak daerah padat penduduk. Kita juga harus bicara memperbaiki daerah padat penduduk menjadi vertical housing. Hal ini merupakan salah satu solusi dari sebuah program pelestarian kota dengan Pembaharuan Kota atau yang disebut dengan Urban Renewal,” dalam seminar yang membahas topik “Isu Perumahan Rakyat dan Tata Ruang Perkotaan”. Selanjutnya, Podomoro University menghadirkan Pak H. Achmad Alf Arslan Djunaid, S.E.dengan pembahasan “Tantangan Pembangungan Kota Berkelanjutan: Studi Kasus Kota Pekalongan”, Bapak Ridwan Kamil, S.T., M.U.D “Tantangan Pembangunan Kota Berkelanjutan : Studi Kasus Kota Bandung”, dan Yanuar Nugroho, Ph.D dengan tema seminar “SDGs, Sustainable City dan Peran Universitas”.


 

Dr. Cosmas Batubara (Rektor Podomoro University)

 

Bapak H. Achmad Alf Arslan Djunaid., S.E. (Walikota Pekalongan)

 

Bapak Yanuar Nugroho, Ph.D (Deputi II Bidang Pengelolaan dan
Kajian Program Prioritas , Kantor Staf Presiden)


Pada sesi kedua, hadir Bapak Bayu Imantoro, S.H., M.H. yang membawakan tema seminar “Peran Hukum (Regulasi dan Penegakan Hukum) dalam Konsep Sustainable City”, dilanjutkan oleh Drs. H. Rendra Kresna, BcKU, SH, MM, MPM. “Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan dalam Penataan Ruang : Studi Kasus Kabupaten Malang.”, Bapak Mohammad Reza, S.T., MURP “Launching Aplikasi UR-Watch : Aplikasi Pengendalian Tata Ruang berbasis Android dalam   Menghadapi Tantangan Pembangunan Kota Berkelanjutan”, serta penutupan seminar menghadirkan Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro yang akan membahas “Pembangungan Kota Berkelanjutan”.

 

Bapak Bayu Imantoro (Kepala Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University)



 

Ir. Wahyu Hidayat (Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya)


 

Bapak Mohammad Reza (Institut Teknologi Malang)
21 August 2017