Berita
Mahasiswi Prodi Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Juara 1 Lomba Penyusunan Dokumen Tender Tingkat Nasional

Di dunia konstruksi, tender bukanlah hal yang asing bagi para pelaku industrinya. Semua proses pembangunan dirasa perlu untuk diselenggarakan melalui proses tender. Dalam rangka mengembangkan kapasitas mahasiswa untuk dapat bersaing di dunia profesional, Podomoro University menitik beratkan proses belajar mengajar bagi para mahasiswa pada praktik dengan cara terjun langsung dalam proses belajar melalui pengalaman. Metode pembelajaran seperti ini telah dirancang oleh Podomoro University tentu dengan keberadaaan para dosen yang memiliki pengalaman profesional di bidangnya, sehingga apa yang dipelajari sesuai dengan kebutuhan industri.

 

Salah satu bukti dari hasil proses pembelajaran di Podomoro University ini terlihat jelas di salah satu program studi-nya, yaitu Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, yang mana beberapa orang mahasiswanya dapat menunjukkan kemampuan mereka di tingkat nasional melalui lomba Tender Cup IV D'Village 7th Ed. Lomba ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, pada tanggal 18 – 19 Maret 2017 di Surabaya. Tim CEMERS yang terdiri dari Acinia Nindartin (2014), Erinna Aileen Chrestella (2015), serta Jevica (2015) dari Podomoro University meraih peringkat I dari 5 finalis. Selain memiliki kemampuan di atas rata-rata, mereka juga telah mengikuti perkuliahan mata kuliah Quantity Surveying, Time Management, Methods, Procurement and Contract.

 

Sebelum mengikuti lomba, Dr. Cosmas Batubara, Rektor Podomoro University menyampaikan, “Dengan mengikuti lomba ini, saya berharap mereka dapat menerapkan semua ilmu yang sudah dipelajari di dalam sebuah simulasi tender proyek. Lebih dari itu juga untuk mengasah kemampuan soft skill mereka, seperti melakukan presentasi di depan panelis.”

 

Aksi Erinna, Jevica, dan Acinia saat mempresentasikan dokumen tender di hadapan panelis

 

Dalam memersiapkan lomba tersebut, Acinia yang sedang menyelesaikan semester 6, mengatakan, “Untuk memersiapkan dokumen tender, walaupun sudah paham, kami tetap memerlukan waktu untuk persiapan yang matang. Lembur dan lelah sudah pasti, namun karena kami sudah terbiasa membuat dokumen tender dengan bimbingan dosen, Bapak Hansen, jadi kami sangat enjoy mengerjakannya. Yang penting, kerja sama dalam tim.” Penyusunan dokumen tender memerlukan ketelitian dalam membuat rencana anggaran dan biaya, kontrak, jadwal, dan lain sebagainya. “Yang paling mendukung adalah bimbingan dari Pak Hansen yang selalu mengarahkan kami untuk memberikan perhatian pada rincian dan proses pembuatan dokumen, “ lanjut Acin.

 

Mahasiswi Progam Studi Manajemen dan Rekayasa Konstruksi:
(dari kiri ke kanan) Jevica (2015), Erinna Aileen Christella (2015), dan Acinia Nindartin (2014) menerima hadiah Juara 1 Tender Cup IV D'Village 7th Ed di Surabaya

 

Komitmen Podomoro University yang tertera dalam visi dan misinya yaitu mendidik generasi muda agar memiliki jiwa kewirausahaan, berkualitas internasional, dan melestarikan budaya Indonesia, terus dibuktikan dalam prestasi-prestasi yang dilahirkan oleh para mahasiswanya. Erinna Aileen, yang merupakan salah satu dari tim CEMERS ini, juga pernah meraih gelar Miss Earth Intelegensia Indonesia 2016.

20 March 2017