Berita
Mahasiswa Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Meninjau Pengolahan Air Bersih yang Bersumber dari Air Laut

Pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017, Prodi Manajemen dan Rekayasa Kosntruksi (MRK) berkesempatan untuk mengunjungi dan melihat secara langsung pengolahan air bersih yang bersumber dari air laut di daerah Pluit, Jakarta Utara. Kunjungan lapangan kali ini merupakan Technical Visit yang ke #11 kalinya yang sudah diadakan oleh Prodi MRK Podomoro University.

Pada Technical Visit #11 ini, mahasiswa prodi MRK bersama dengan mahasiswa prodi Teknik Konstruksi Bangunan (TKB), Teknik Lingkungan (TL), Desain Produk (DP), dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) mengunjungi PT. Tirta Kelola Sukses (TKS) yang merupakan salah satu kontraktor dari empat kontraktor yang dipercaya oleh PT. Agung Podomoro Land (APL) untuk melaksanakan pengolahan air bersih di kawasan City Superblock Geen Bay Pluit. PT. TKS sendiri bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk 2 tower apartment, 2 condominium, dan 1 mall besar (Bay Wall Mall). Sumber untuk menghasilkan air bersih tersebut diambil dari air laut yang bertepatan berada di belakang City Superblock Green Bay Pluit. Alasan utama mengapa diperlukan pengolahan air bersih yang bersumber dari air laut ini dikarenakan Perusahaan Air Minum (PAM) belum dapat menjangkau dan memenuhi kebutuhan air bersih sampai ke kawasan City Superblock Geen Bay Pluit.

 





Dalam penjelasan dan pemaparan dari PT. TKS, para mahasiswa dijelaskan mengenai detail proses Seawater Reverse Osmosis (SWRO) untuk menghasilkan air bersih. Air bersih yang dihasilkan setara dengan air yang dapat diminum, dimana berdasarkan PERMENKES Nomor 492 tahun 2010 mengenai Persyaratan Kualitas Air Minum, disebutkan bahwa salah satu parameter untuk persyaratan air minum adalah nilai TDS maksimum yang diizinkan adalah sebesar 500 mg per liter. Setelah perwakilan dari PT. TKS memberikan penjelasan dan pemaparan, para mahasiswa pun banyak mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab, para mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama mengunjungi lokasi Seawater Reverse Osmosis (SWRO), di lokasi SWRO ini para mahasiswa melihat proses pengelolaan air bersih serta struktur konstruksi yang digunakan untuk proses SWRO ini, setelah selesai mengunjungi lokasi SWRO, kelompok pertama melanjutkan dengan mengunjungi lokasi Intake dimana lokasi ini merupakan titik awal pengambilan air laut yang akan diolah menjadi air bersih. Sedangkan kelompok dua mengunjungi lokasi Intake terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi SWRO. Para mahasiswa belajar banyak mengenai management proses SWRO tersebut, setelah seluruh mahasiswa mengunjungi lokasi SWRO dan Intake, para mahasiswa kembali ke ruangan untuk melanjutkan sesi tanya jawab yang kedua, dan pada sesi tanya jawab kedua ini mahasiswa lebih aktif bertanya mengenai apa yang telah dipelajari di lapangan. Technical Visit ini ditutup dengan pemberian pelakat dan souvenir serta foto bersama dengan PT. TKS.








 

21 June 2017