Mahasiswa Arsitektur Podomoro University Merambah Industri Cafe

Program studi Arsitektur Podomoro University melalui mata kuliah pilihan “Interior Design” untuk mahasiswa semester 4, memberikan sistem pembelajaran dan tugas yang bersifat real project. Selama 1 semester, mahasiswa menerima 2 tugas besar dari inti pelajaran Desain Interior, yaitu merancang proyek privat design dan public design.

Dalam waktu 7 pertemuan pertama dalam semester 4 ini, mahasiswa diwajibkan untuk mencari sendiri prospect client yang mempunyai rencana untuk melakukan desain interior pada unit apartemen 1 atau 2 kamar. Melanjutkan tahap berikutnya, selama 7 pertemuan kedua, mahasiswa akan menerima materi dan tugas proyek public design dengan konsep yang diberikan oleh real client pemilik (franchiser) Restaurant Old Town White Coffee asal Malaysia yaitu Mr. Samtan.

Pada tahap awal, Mr. Samtan diundang untuk memberikan beberapa hal dan materi yang menjadi pakem design yang berhubungan dengan concept interior Old Town White Coffee. Selama pembelajaran, mahasiswa diarahkan untuk menjalankan system design thinking, yang prosesnya melalui beberapa fase mulai dari inspiration, ideation & implementation.

Proses design menjadi poin tertinggi selama proyek ini dijalankan, dan pada tahap pertengahan, pemilik proyek diundang kembali untuk melihat hasil yang telah dilakukan oleh mahasiswa Podomoro University.

Tahapan selanjutnya, mahasiswa diminta untuk memberikan ulasan desain secara berurutan hingga menemukan Idea Design Concept. Pada tahapan ini pemilik Old Town White Coffee berhak untuk memberikan review secara detail dan menyampaikan sikap setuju/tidak setuju terhadap konsep tersebut.

Setelah mahasiswa mendapatkan masukan dari pemilik Old Town White Coffee, proses selanjutnya adalah melakukan design development, dimana dosen  memberikan beberapa materi yang dapat memperkuat hasil desain, dan mahasiswa diharapkan dapat menerapkannya hingga ke fase Design Implementation.

Pada akhir pertemuan ke-7, semua progress design thinking diuji di hadapan pemilik Old Town White Coffee, mahasiswa diwajibkan mempersiapkan final presentation secara lengkap. Tentunya kerja sama tim sangat dibutuhkan dalam pembagian tugas ini.

Dua tim yang lolos sampai tahap presentasi di depan pemilik Old Town White Coffee, berusaha memberikan ulasan presentasi terbaik agar pemilik dapat memilih desain yang mempunyai kelayakan materi. Mr. Samtan, didampingi oleh pakar desainer interior yaitu Bp. Anggoro dari Radico Consultant, turut memberikan review kepada mahasiswa serta kemudian memilih 1 tim yang layak design business-nya untuk dimplementasikan.

 

 

 

 

 

Foto suasana penilaian terbuka tugas interior desain oleh 2 tim mahasiswa arsitektur yang dilakukan  langsung oleh Dosen Pengampu dan Owner di Prodi Arsitektur, Podomoro University pada 16 Juni 2016

 

Proses pembelajaran yang berorientasi pada real client dan real project  mempunyai makna penting untuk program studi Arsitektur di Podomoro University yang berjiwa entrepreneurship. Di dalam praktik persaingan dalam business interior design, mahasiswa diharuskan mampu merepresentasikan kompetensi hard dan soft skill yang dimiliki dengan baik.

21 June 2016