Happy New Year with GO-JEK (Presentasi Langsung di Kantor GO-JEK)

Oleh: Liza Agustina Maureen Nelloh, Dosen Kewirausahaan Podomoro University

 

Jumat, 6 Januari 2017 merupakan hari yang cukup menegangkan bagi “tim Go-Jek” (Nama salah satu kelompok, red.). Seperti pengalaman sebelumnya di dua start-up companies Tim Go-Jek berkesempatan untuk melaksanakan presentasi langsung di Kantor Pusat Go-Jek yang baru, berlokasi di Gedung Pasaraya Blok M Jakarta Selatan. Maksud kedatangan tim Go-Jek dan Miss Liza sebagai dosen pengampu Consumer Behavior adalah “learning to each other through consumer research” langsung di depan divisi People Innovation.

 

Go-Jek merupakan salah satu start-up companies di Indonesia yang bergengsi dibanding pesaing-pesaingnya di industri transportasi online dan sharing economy. Di sini “tim Go-Jek yang terdiri dari Agnes, Neysa, Renitha, Fiona, James, Cindy, Marilyn, dan Nicole (Mahasiswa Kewirausahaan semester 5, red.) diberi kesempatan untuk meneliti dan menganalisis consumer satisfaction sebagai variabel terikat yang dipengaruhi oleh variabel tidak terikat seperti safety, service quality, equipment dan punctuality (time).

 

Proses presentasi Agnes, Neysa, Renitha, Fiona, James, Cindy, Marilyn, dan Nicole di Kantor Pusat Go-Jek

 

Seperti di dua perusahaan start-up lainnya, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar untuk menguji kemampuan presentasi mahasiswa langsung di industri terkait. Sebagai dosen pengampu, Miss Liza memulai dengan membuka kegiatan presentasi tersebut dan dilanjutkan oleh Fiona yang membahas mengenai introduction dan sebagian industrial analysis, James menjelaskan SWOT analysis, Renitha menjelaskan Company’s background dan hasil pre-test, Neysa membahas sebagaian Theoretical Review, dan dilanjutkan oleh Marylin, Agnes melanjutkan dengan research method dan result, Nicole menjelaskan mengenai Managerial Implications khususnya buat Go-Ride. Presentasi ini ditutup oleh Agnes yang menjelaskan menganai further research.

 

Pihak People Innovation sebagai perwakilan Go-Jek memberikan masukan mengenai industry analysis, company’s culture, dan pentingnya riset dalam level start-up. Tim Go-Jek merasa sangat tertantang dapat langsung mempelari konsep perilaku konsumen di level start-up. Di sini bukan hanya mengerti metode tapi perusahaan memberikan banyak masukan dan pemikiran sebagai seorang wirausaha dalam membentuk start-up dan aplikasinya ke bidanga transportasi online berbasis web and application.

 

“Kami sangat senang dengan usaha anda melakukan riset berbulan-bulan dan memberikan implikasi manajerial yang kreatif”, begitu kata salah satu kepala divisi People Innovation.

 

Proses tanya jawab dengan Tim People Innovation Go-Jek

 

Presentasi final ini diakhiri dengan pemberian plakat pada pihak Go-Jek d sebagai wujud apresiasi Podomoro University terhadap pihak Go-Jek yang telah berbaik hati menerima tim mahasiswa dalam proses penelitian, analisis sampai pada presentasi final di kantor Go-Jek Jumat kemarin.

 

Penyerahan plakat oleh Miss Liza kepada Kepala Divisi People Innovation Go-Jek

 

Foto bersama Tim People Innovation Go-Jek seusai presentasi

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberi kesempatan juga untuk melaksanakan kunjungan singkat dan diskusi mengenai Go-Jek di kantor barunya.

 

Suasana kantor Go-Jek ketika dikunjungi oleh tim Podomoro University

 

“Suasana yang begitu ramah ditemui saat berkunjung ke Go-Jek”, imbuh Miss Liza.

Thank you Go-Jek see you on the next collaboration!

13 January 2017