Entrepreneur "Zaman Now"

Kalian pasti sudah familiar dengan istilah Entrepreneur dong? Yup, entrepreneur adalah seseorang yang mengelola, mengorganisasikan dan berani mengambil segala resiko untuk menciptakan peluang usaha atau usaha yang baru.

 

Nah, tahukah kalian.... menurut data statistik dari Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia , jumlah wirausaha di Indonesia belum mencapai angka ideal namun menunjukkan trend peningkatkan setiap tahunnya dari 1,67% di tahun 2013 dan di akhir tahun 2016 menjadi 3,1%. Hmmm...ini menunjukkan minat berwirausaha masyarakat Indonesia  terus meningkat.

 

Seperti kita ketahui belakangan ini, banyak sekali nih bisnis start-up bermunculan yang di pelopori generasi muda mulai dari bisnis berbasis aplikasi, kuliner, fashion dsb. Sebut saja Nadiem Makarim CEO Gojek, Ferry Unardi CEO Traveloka, William Tanuwijaya CEO Tokopedia, Diajeng Lestari CEO HijUp, Victor Giovan Raihan (pengusaha minuman Teh Kempot dan Bakso Mercon), Riezka Rahmatiana (Pemilik bisnis es pisang ijo), Theresia Deka Putri (pebisnis kopi luwak) dan masih banyak lagi bisnis start-up sukses lainnya.

 

Well, menjadi entrepreneur di zaman now tidak cukup hanya bermodalkan nekat saja tetapi juga harus memiliki sikap mental wirausaha yang baik, keterampilan berinovasi, mengelola segala resiko yang mungkin dapat terjadi serta memiliki jaringan yang luas. Tidak sedikit entrepreneur yang hanya bermodalkan nekat hingga pada akhirnya tidak dapat memertahankan bisnisnya...duh kalian jangan sampai bermodalkan nekat saja yaa guys! 

 

Di era yang serba online sekarang ini, kita bisa saja mencari informasi melalui internet dengan mudah dan belajar cara berwirausaha melalui pengalaman orang lain atau mengikuti seminar-seminar wirausaha. But, belajar entrepreneur hanya dengan membaca dan mendengarkan tidak akan cukup ampuh untuk mengasah kemampuan, keterampilan dan sikap mental berwirausaha serta membentuk relasi / jaringan yang kuat lho... Khususnya bagi kalian entrepreneur yang minim akan pengetahuan dan pengalaman berwirausaha, kalian perlu memiliki suatu wadah dan metode yang tepat agar dapat menjalankan bisnis yang diinginkan.

 

Nah, salah satu wadah dan metode yang tepat adalah dengan belajar dan mengasah kemampuan wirausaha adalah di perguruan tinggi khususnya pada program entrepreneurship atau kewirausahaanDi Jakarta sendiri tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki program studi kewirausahaan. Tapi kalian jangan sedih... Podomoro University adalah salah satu universitas yang memiliki program studi kewirausahaan loh..

 

Bekerjasama dengan Babson Global Inc. USA yang merupakan pelopor dalam dunia pendidikan kewirausahaan selama lebih dari 1 dekade, Podomoro University menawarkan kepada kalian tidak hanya mendapatkan ilmu secara teoritis untuk menunjang kegiatan berwirausaha namun juga mendapatkan kesempatan untuk mempraktikannya melalui mata kuliah TAEL (Thinking and Acting like Entrepreneurial Leader) dimana, mahasiswa menciptakan business ideation hingga menjalankannya. Yang lebih menarik nih, Podomoro University menawarkan pelatihan mengenai kewirausahaan serta pendampingan bagi mereka yang ingin merintis bisnisnya selama berada di bangku kuliah. Eiiitss... don’t worry.. semua kegiatan pembelajaran, pelatihan dan pendampingan di PU tentunya diberikan oleh dosen yang qualified, para profesional dan para praktisi bisnis.

      

Konsultasi business plan dengan PUCEL                                                           Salah satu prototype bisnis mahasiswa Podomoro University

 

So, sudah bisa dipastikan Podomoro University dapat menciptakan entrepreneur zaman now yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan sikap mental berwirausaha yang baik serta memilki jaringan yang kuat sejak dini sehingga semua ini dapat menjadi modal kalian untuk berkompetisi dengan entrepreneur lain baik dengan new comer entrepreneur ataupun existing entrepreneur. Widiih, keren kan!

 

Podomoro University Student's Businesses

      

#kewirausahaan

(Writer: William / Editor: NAD) 

19 March 2018