Book Launching: Memahami Dasar-Dasar Ilmu Quantity Surveying

Rabu (3/5) menjadi salah satu momen penting bagi seorang dosen prodi MRK, Seng Hansen. Pasalnya dia secara resmi meluncurkan buku keduanya di bidang konstruksi yang berjudul Quantity Surveying: Pengantar Manajemen Biaya dan Kontrak Konstruksi. Peluncuran buku yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama ini dilakukan bersamaan dengan acara International Seminar “The Role of Quantity Surveyor and Project Manager in Construction Industry” bertempat di R506-507 Podomoro University.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Agung Podomoro Dr. Cosmas Batubara, Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Agung Podomoro Dr. Serian Wijatno, Dr. Hari G. Soeparto yang merupakan Ketua Umum Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia (IAMPI), Bapak Paul Christian Ariyanto selaku Direktur Proyek APL, dan para praktisi serta mahasiswa di bidang konstruksi. Selain itu hadir pula beberapa dosen dan praktisi QS dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yaitu Prof. Zakaria bin Mohd. Yusof, Dr. Sarajul Fikri Mohamed, Dr. Norazam Othman, dan Dr. Zuhaili Mohamed Ramly.
 



Dalam pidatonya, Seng Hansen menyampaikan pentingnya profesi Quantity Surveyor dalam sebuah proyek konstruksi. Peran seorang QS bahkan telah dimulai sejak tahap inisiasi proyek. Tetapi dia juga berpendapat bahwa ilmu QS tidak melulu berbicara mengenai estimasi biaya proyek. QS tidak melulu berbicara mengenai cara menghitung volume pekerjaan. Quantity Surveying adalah mengenai mewujudkan sebuah proyek konstruksi dengan prinsip constructing excellence. Quantity Surveying adalah untuk memastikan bahwa semua konstruksi berkualitas telah dikerjakan seekonomis mungkin dengan memanfaatkan pula kemajuan teknologi yang ada sehingga proyek-proyek konstruksi dapat diselesaikan dengan lebih cepat, murah dan baik. Untuk itulah dia berpendapat bahwa dunia konstruksi Indonesia membutuhkan ilmu Quantity Surveying. Terlebih kebutuhan akan profesi QS yang kian bertambah tiap tahun. Tetapi sayangnya ilmu QS belum begitu berkembang di Indonesia.



Buku ini bertujuan untuk menjembatani hal tersebut. Buku ini merupakan buku pertama mengenai Quantity Surveying dalam Bahasa Indonesia. Didalamnya tersaji cara dan prinsip dalam menghitung volume konstruksi dan berbagai teknik dalam estimasi biaya konstruksi. Tidak hanya itu, buku ini juga memaparkan pengelolaan biaya konstruksi secara lebih luas dan menyeluruh, ditambah dengan aspek kontraktual proyek konstruksi. Sebagai sebuah buku pengantar, buku ini dinilai sangat diperlukan baik oleh mahasiswa maupun para praktisi di bidang konstruksi.

03 May 2017