Belajar Apa di Jurusan Arsitektur?
Gambar Beijing National Stadium (The Bird Nest), Arsitek : Jacques Herzog and Pierre de Meuron of Herzog & de Meuron, (sumber gambar : www.varesh11.com)


Arsitektur berasal dari bahasa Yunani : “arkhitekton” yang merupakan gabungan 2 kata :  arkhi yang berarti kepala dan tekton yang berarti pembangun/builder. Kini kata arsitektur  memiliki arti seni dan ilmu mendesain bangunan. Orang yang memiliki keahlian mendesain bangunan disebut arsitek.

Semua bangunan yang kita lihat sekarang ini baik bangunan sederhana hingga menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa atau struktur yang rumit seperti The Bird Nest di China,  berawal dari angan-angan atau imajinasi seseorang atau sekelompok, yakni seorang atau tim arsitek. Imajinasi tidak akan mewujud hingga imajinasi itu dituangkan ke atas gambar teknik perencanaan bangunan.

Seorang arsitek haruslah seorang yang kreatif dan kaya ide namun sekaligus juga harus paham mengenai konstruksi bangunan. Imajinasi boleh sebebas-bebasnya namun dia juga harus membumi : apakah imajinasinya bisa diwujudkan dan direalisasikan menjadi bangunan yang nyata.

Program studi Arsitektur adalah kawah candradimuka bagi para calon arsitek. Materi ajar di program studi ini meliputi:

  • Konsep desain bangunan dan estetika arsitektur
  • Teknik konstruksi bangunan yang akan memperkuat desain bangunan yang dirancang
  • Teknologi perancangan berbasis komputer (computer based design)


Program Studi Arsitektur di Podomoro University memiliki keunggulan yang tidak dimiliki universitas lain. Arsitektur Podomoro University didukung oleh Agung Podomoro Land yang merupakan pengembang terkemuka di Indonesia. Mahasiswa prodi Arsitektur PU memiliki kesempatan untuk ikut program internship di salah satu proyek Agung Podomoro Land. Dengan program ini, para mahasiswa memiliki pengalaman yang lengkap sehingga mereka benar-benar siap menjadi arsitek profesional.

Contoh beberapa proyek yang dikerjakan Agung Podomoro Land:

 

Podomoro City Jakarta

 

 

Podomoro City Medan

 

 

 

30 January 2018